Grab Hadirkan “Gercep” untuk Lindungi Mitra Pengemudi

Jakarta, Senin 01 September 2025-VNNMedia- Insiden tewasnya pengemudi ojek online Affan Kurniawan saat aksi demo pada Kamis minggu lalu, membuat Grab Indonesia bergerak cepat dengan meluncurkan kanal “Gercep” (Grab Cepat Tanggap)

Dalam konferensi pers pada hari Minggu (31/8), Grab Indonesia menjelaskan bahwa tujuan diciptakannya “Gercep” adalah untuk meningkatkan keamanan, kesehatan, maupun keberlangsungan penghasilan para mitra kerja

“Dalam kondisi yang penuh tantangan ini, Grab mengambil langkah darurat terstruktur untuk memperkuat keamanan ekosistem, dan tentunya mitrra pengemudi kami,” jelas Neneng Goenadi, Chef Officer Grab sembari mengungkap bahwa Gercep akan mulai bisa digunakan mulai Selasa (2/9) besok sampai dengan pengumuman lebih lanjut

Menurut Nene, kanal tersebut terdiri atas tiga komponen utama, yaitu:

Pertama, saluran telepon darurat khusus dengan nomor 021-2350-7032. Saluran ini khusus diprioritaskan bagi mitra pengemudi dengan respon jawab selama 30 detik, yang didukung oleh spesialis terlatih tanggap darurat, dan sistem antrean khusus, dan beroperasi 24 jam penuh

Kedua, help centre “Bantuan Tanggap Darurat” dan layanan live chat. “Bantuan Tanggap Darurat” adalah laman artikel khusus pusat bantuan, yang bisa diakses mitra pengemudi dengan formulir pelaporan gratis, yang juga dirancang untuk menjawab pertanyaan kurang dari 30 menit

Sedangkan untuk live chat adalah merupakan fitur obrolan instan digital dengan anteran khusus dan respon jawab 30 detik, yang dapat diakses secara gratis dan langsung, dengan spesialis tanggap darurat profesional

Ketiga, dukungan aspek medis dan psikologis. Dukungan ini sudah lama hadir dalam bentuk layanan konseling dan asuransi perjalanan untuk pengemudi dan penumpang

Selain itu, dalam mendukung mitra pengemudi, Grab juga senantiasa aktif memberikan informasi tentang titik-titik yang hingga kini rawan untuk dilewati, pemberian akses hukum dan koordinasi dengan pihak berwenang untuk memastikan hak-hak mitra pengemudi terlindungi dan proses berjalan secara adil

Layanan lainnya dari perusahaan adalah pemberian insentif yang lebih mudah meski banyak terjadi pembatalan pemesanan di lapangan. Grab pun mempunyai mempunyai fitur “Traktir Driver” yang ada di aplikasi Grabfood, yaitu kumpulan menu khusus yang dapat dibeli konsumen untuk pengemudi

“Keseluruhan ini kami hadirkan agar setiap mitra Grab merasa aman, didengar, dan didampingi bukan hanya saat baik, tapi terutama saat kritis atau saat sekarang yang sangat susah,” pungkas Neneng

sumber: Antara

Baca Berita Menarik Lainnya di Google News