PT Bumi Suksesindo Kembali Raih Penghargaan Bergengsi

JAKARTA, 29 September 2024 – VNNMedia – Operator tambang emas dan perak, PT Bumi Suksesindo (PT BSI) kembali menorehkan prestasi. PT BSI membawa pulang lima penghargaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia dan media CNN Indonesia, Rabu (25/9/2024).

Anak perusahaan Merdeka Group ini beroperasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

PT BSI mendapat empat penghargaan sekaligus dari Kementrian ESDM dalam ajang Good Mining Practice (GMP) Awards yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta. Keempat penghargaan tersebut diantaranya Utama untuk kategori pengelolaan teknis pertambangan mineral dan batubara.

Lalu Pratama untuk kategori pengelolaan keselamatan pertambangan mineral dan batubara. Serta Aditama, sekaligus Terbaik untuk kategori pengelolaan lingkungan hidup pertambangan mineral dan batubara.

Presiden Direktur PT BSI Adi Adriansyah Sjoekri menyebut, penghargaan ini sekali lagi menunjukkan kepada publik mengenai keseriusan PT BSI dalam menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik (good mining practices – GMP) dalam operasinya di Banyuwangi.

“Sebagai bagian dari PT Merdeka Copper Gold, Tbk (IDX:MDKA), PT BSI terus berupaya mengelola tambang dengan standar kepatuhan yang tinggi agar bisa memberi kontribusi optimal bagi para pemangku kepentingan,” ujar Adi. Prestasi ini akan memotivasi PT BSI untuk terus meningkatkan pengelolaan pertambangan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Adi menambahkan, untuk mendukung pegelolaan lingkungan yang baik di area operasi PT BSI, pihaknya telah menjalankan beberapa program lingkungan penting. Yaitu pemantauan kualitas lingkungan yang meliputi air, tanah, dan udara; rehabilitasi lahan; dan penaatan terhadap peraturan. Hasil kegiatan tersebut selalu dilaporkan kepada pihak-pihak yang berwenang.

Di waktu yang bersamaan, PT BSI turut menerima penghargaan kategori ‘Leading Local Community Empowerment Initiatives Recognition for Outstanding Program in Empowering Local Communities’ yang dipersembahkan oleh CNN Indonesia dalam ajang CNN Indonesia Jatim Awards di Westin Hotel Surabaya.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Direktur CT Corpora Warnedy kepada General Manager Operation sekaligus Kepala Teknik Tambang (KTT) PT BSI Roelly Fransza.

Roelly mengaku bangga dengan apa yang diraih oleh PT BSI dalam acara ini. “Penghargaan ini memicu kami untuk terus memberikan manfaat keberadaan Perusahaan kepada warga dan kelompok-kelompok masyarakat. Terutama di area lingkar tambang,” katanya di sela acara penyerahan penghargaan.

Lebih jauh Roelly menjelaskan, semua program sosial yang dijalankan oleh PT BSI bertujuan untuk memberdayakan masyarakat lokal. Dia lalu menyebutkan beberapa program yang telah dijalankan oleh PT BSI.

Antara lain beasiswa, pembinaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pembangunan infrastruktur publik, kesehatan, dan sosial budaya. Semua program itu untuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM).

Untuk menjalankan program-program tersebut, masih menurut Roelly, anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold, Tbk ini telah menginvestasikan dana sebesar Rp156 miliar lebih sejak 2018-2023. Dana tersebut untuk merealisasikan program-program PPM di wilayah Kecamatan Pesanggaran dan sekitarnya.

Sebagai contoh adalah pembangunan jalan di Sumbermulyo dan Rowojambe hingga Pancer, serta jalan-jalan desa di wilayah Kecamatan Pesanggaran. Menurut Roelly, pembangunan infrastruktur publik tersebut untuk memudahkan akses masyarakat sehingga secara tidak langsung bisa mendorong pergerakan ekonomi sosial.

“Kami hanya ingin menjadi tetangga yang baik bagi masyarakat di sekitar area operasi Perusahaan. Melalui program PPM PT BSI, kami ingin membantu warga menjadi mandiri, terutama ketika umur tambang kami telah selesai. Kami sampaikan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah yang telah memberikan peran kepada kami sehingga kami meraih penghargaan ini,” ujar Roelly.

Sebagai perusahaan dengan capaian ESG rating A berdasarkan penilaian Morgan Stanley Capital International (MSCI) sejak 2023, PT Merdeka Copper Gold Tbk berkomitmen untuk memperkuat reputasi sebagai perusahaan dengan tingkat kinerja ESG yang tinggi. Aspek kinerja lingkungan yang berdampak baik terhadap ekosistem dan masyarakat, menjadi prinsip mutlak yang harus dijalankan Grup Merdeka.

Baca Berita Menarik Lainnya di Google News