Bangun Loyalitas Audiens di e-Commerce, Berikut Ini Tipsnya

JAKARTA, 17 SEPTEMBER 2024 – VNNMedia – Dunia digital kini semakin terbuka luas dan menjadi peluang untuk siapa saja yang ingin bertransformasi dan mengejar impian mereka. Salah satu kisah inspiratif datang dari Kyanavara.

Mantan karyawan korporat yang telah bekerja 10 tahun ini berhasil menemukan jalan suksesnya lewat pemanfaatan teknologi sebagai kreator Shopee Live. Dengan ketekunan dan kreativitas, wanita berusia 36 tahun asal Yogyakarta ini berhasil menjadi Top Creator live streaming di Shopee Live.

Sekarang rata-rata omzet penjualannya per bulan bisa dikatakan fantastis. Tidak hanya memenuhi kebutuhan hidup, Shopee Live telah menjadi jalan bagi Kyanavara menuju kebebasan finansial. Bahkan Kya perlahan-lahan bisa membangun fondasi untuk berinvestasi, meningkatkan kualitas hidupnya, dan mencapai pencapaian yang bisa dibanggakan untuk diri dan keluarganya.

Pemilik akun Kyanavara yang memiliki nama asli Lungky Gardini itu mengungkapkan Ia tidak menyangka berani keluar dari rutinitas sebagai karyawan dan memilih menjadi kreator live streaming di Shopee Live. Ia konsisten membuat video setiap hari.

Selain itu ia juga rutin melakukan riset produk, berkoordinasi dengan tim dalam counseling dan training improvement, serta menjalin hubungan eksternal berkoordinasi dengan seller dalam hal negosiasi dan inisiatif proyek.

Perjalanan awal Kyanavara hingga dapat menjadi bintang live streaming Shopee Live dimulai pada Agustus 2023. Pada saat itu, Shopee sedang meluncurkan program Shopee Affiliate melalui live streaming.

Kya, sapaan-nya, sebelumnya memang sudah aktif dalam Shopee Affiliate Program. Setelah bertemu dan berdiskusi langsung dengan tim Shopee, ia menjadi paham lebih rinci mengenai mekanisme Shopee Live serta berbagai keuntungan yang bisa didapatkan oleh kreator. 

“Di awal-awal mencoba live stream, tantangan datang silih berganti. Aku harus memahami tren dan apa yang sedang dicari audiens,” jelasnya. Ia banyak melakukan uji coba.

Mulai dari fashion hingga kebutuhan sehari-hari seperti popok bayi dan sembako. Bisa dibilang hampir semua segmen coba dipasarkan.

Kya mengaku sempat ingin menyerah. “Kurang lebih di bulan kedua menjadi kreator Shopee, pendapatan aku sudah bisa mencukupi pengeluaran bulanan bahkan bisa melebihi pendapatan sebagai creator dari platform sebelumnya. Bisa dibilang ini pekerjaan dengan predikat penghasilan terbesar aku! Semakin yakin dan memantapkan hati untuk tetap fokus dan selalu melakukan improvement bersama Shopee,” ungkap Kyanavara.

Seiring dengan konsistensi dan melihat potensi jangka panjang, Kya akhirnya memilih fokus dan memantapkan hati di segmen Home Living, seperti kitchenware, home bedding, home appliance. Keputusan fokus di segmen ini berhasil membangun traffic yang kuat di segmen tersebut.

Kya memanfaatkan peluang dengan memperpanjang durasi live streaming dan membentuk tim dengan co-hosts hingga 24 jam non-stop untuk menjaga kesinambungan siaran. Sementara Kya sendiri menjadi host utama selama kurang lebih 3 jam per-hari. 

Berikut adalah beberapa tips Kyanavara yang dapat dijadikan panduan dalam menciptakan konten menarik;
Memastikan Variasi, Relevansi, dan Konsistensi Konten
Dalam setiap sesi Shopee Live, Kya selalu menghadirkan beberapa “hero product” yang dipilih sesuai dengan musim, tren terkini, dan relevansi audience.


Memanfaatkan Promo-Promo Menarik dan Layanan Pelanggan
Kyanavara menilai bahwa memanfaatkan berbagai penawaran menarik, seperti voucher ekstra saat live, voucher video, flash sale, dan gratis ongkir, harus menjadi strategi utama. Lebih dari itu, demi membangun loyalitas dan komunitas, Kya juga kerap memberikan layanan pelengkap. Mulai dari bantuan dalam mengajukan komplain barang kepada pihak seller, menawarkan harga termurah melalui negosiasi harga spesial dengan brand, serta menyelenggarakan giveaway pada event atau kampanye angka kembar.
Kya juga mendorong interaksi lewat sesi tanya jawab (Q&A) hingga fitur Lelang yang membuat penonton tidak hanya aktif, tetapi juga merasa lebih urgensi untuk membeli.

Evaluasi Lewat Pemanfaatan Data
Bukan hanya meriset produk yang berkualitas, Kya juga selalu memantau data dari dashboard livestream dan video untuk mengevaluasi kinerja konten produk yang dipromosikannya. Pendekatan berbasis data ini memastikan bahwa setiap konten yang disajikan tetap relevan dan menarik bagi audiens, serta mendukung pencapaian hasil yang optimal.

Baca Berita Menarik Lainnya di Google News