Siap Sukseskan Laga Piala AFF U-19 di Surabaya, PLN UIT JBM Rutin Cek Kesiapan Peralatan

SIDOARJO, 13 JULI 2024 – VNNMedia – PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) terus memastikan keandalan sistem kelistrikan jelang perhelatan Piala AFF U-19 Boys Championship 2024. Laga AFF di Surabaya digelar di Gelora Bung Tomo (GBT) dan Gelora 10 November pada 17-29 Juli mendatang

General Manager PLN UIT JBM, Amiruddin mengatakan, kesiapan suplai pasokan listrik terus dipersiapkan dengan baik. Nantinya akan dilangsungkan 22 pertandingan di dua stadion di Surabaya.

Penguatan suplai PLN untuk lokasi berasal dari Gardu Induk (GI) Altaprima, GI Sambikerep, GI Undaan, dan GI Kenjeran yang masing-masing GI akan menyuplai melalui trafo 60 MVA.

“Saat ini inspeksi dilakukan untuk memastikan kesiapan seluruh peralatan berfungsi optimal. Pekerjaan persiapan dilakukan sebelum memasuki masa siaga hari Minggu (14/7) hingga awal Agustus. Selama masa siaga, tidak ada pekerjaan pemeliharaan yang dilakukan selama event berlangsung,” jelas Amiruddin.

Amiruddin mengungkap, selama masa siaga, sebanyak 321 personel dari Transmisi JBM akan disiagakan yang tersebar mulai dari UPT (Unit Pelaksana Transmisi) Surabaya, UPT Gresik, juga UPT Malang.

Selain itu pihaknya juga memastikan kesiapan peralatan dan pendukung lainnya. “Peralatan tersebut yaitu quick response vehicle sejumlah 3 unit, trafo mobile sejumlah 6 unit, 7 set tower emergency, 7 unit mobile DC sebagai backup system di GI, juga penerapan remote reading dari seluruh GI,” terang Amiruddin.

Sebagai langkah persiapan juga Amiruddin menyebutkan yaitu pengamanan untuk potensi yang dapat menyebabkan timbulnya gangguan.

Personel di UPT mulai dari Gardu Induk, ULTG (Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk), juga pengawas ground patrol rutin melakukan inspeksi layang-layang dan benda asing lainnya yang berpotensi menjadi penyebab gangguan untuk system kelistrikan transmisi.

“Selain itu, juga pendampingan dari aparat untuk penjagaan objek vital nasional (obvitnas), sehingga harapannya seluruh stakeholder juga dapat bekerja sama dalam menyukseskan event internasional ini hingga rampung dilaksanakan pada akhir Juli,” pungkas Amiruddin.


Baca Berita Menarik Lainnya di Google News