Tetra Pak Siap Kembangkan Pasar Minuman Ready-to-Drink di Pasar Asia

JAKARTA, 24 Juni 2024 – VNNMedia – Perusahaan pengolahan dan pengemasan makanan dan minuman Tetra Pak memperkenalkan potensi pertumbuhan segmen Ready to Drink (RTD). Saat ini bisnis RTD yang berkembang pesat di Malaysia, Singapore, Philipines, Indonesia.

Data menunjukkan, pasar RTD pada tahun ini mencapai USD2,2 triliun dan diharapkan mengalami pertumbuhan kumulatif tahunan (CAGR) lebih dari 5 persen pada tahun 2028 mendatang.

Meningkatnya mobilitas masyarakat yang sejalan dengan perubahan gaya hidup yang cepat dan sibuk saat ini, menjadi faktor pendorong tingginya permintaan makanan dan minuman yang praktis dan mudah diakses.

Hal ini membuat tren konsumsi makanan dan minuman on-the-go juga semakin populer. Ini sejalan juga dengan banyaknya produk siap saji dan mudah dikonsumsi.

Asia Tenggara menunjukkan lanskap pasar yang unik, di mana minuman RTD berbasis teh dan kopi telah menjadi salah satu pilihan konsumen.

Laporan menunjukkan, pasar teh dan kopi RTD di wilayah ini diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan. Mencapai USD 8,7 miliar pada tahun 2028 mendatang.

Pertumbuhan ini didorong CAGR sebesar 7,58 persen, menandakan pasar yang dinamis dan sangat menguntungkan. Pertumbuhan ini menegaskan pentingnya Finovasi dalam mempertahankan dan mempercepat pertumbuhan ini.

Untuk memperkenalkan potensi RTD ini, Tetra Pak menggelar Innovation Starts Here. Acara ini mempertemukan para pelaku industri makanan dan minuman guna mengeksplorasi peluang pertumbuhan pasar dan strategi bisnis RTD yang berkembang pesat di Malaysia, Singapore, Philipines, Indonesia.

Marketing Director, Tetra Pak Malaysia, Singapore, Philippines and Indonesia John Jose mengatakan, Tetra Pak selalu mengedepankan inovasi dalam menjawab peluang dan tantangan di industri makanan dan minuman.

“Kami fokus pada upaya pengembangan solusi unggulan di industri ini, yang membantu menjawab tantangan bisnis apa pun yang dihadapi pelanggan kami,” kata John Jose.

Ini termasuk mengidentifikasi peluang dan menghadirkan rencana go-to-market untuk produk-produk baru atau bahkan meningkatkan efisiensi operasional.

Melalui Innovation Starts Here, Tetra Pak membahas tantangan yang terus berkembang di industri makanan dan minuman di mana konsumen muda menuntut lebih banyak dari minuman mereka.

Melalui Innovation Starts Here, Tetra Pak memaparkan pandangan dan solusi terbaru yang memungkinkan pelanggan untuk menghadapi tantangan pasar dengan rangkaian solusi end-to-end termasuk layanan pemasaran yang komprehensif. Ini termasuk pengenalan konsep -Demand Spaces- di mana hasil dari konsep tersebut dapat memberdayakan merek makanan dan minuman sehingga bisa berinovasi dengan lebih baik.

Dengan memahami kebutuhan tersebut, perusahaan makanan dan minuman akan dapat mengidentifikasi peluang dalam portofolio produk mereka yang sudah ada, dan dapat mengembangkan produk-produk inovatif dengan rasa baru yang sesuai dengan selera konsumen.

John menuturkan, inovasi lain yang dihadirkan oleh Tetra Pak adalah bahan baru minuman yang berasal dari biji bunga matahari dengan kandungan protein tinggi. Tetra Pak meyakini biji bunga matahari sebagai bahan baku bergizi, berkelanjutan, dan terjangkau.

Minuman dari biji bunga matahari dihadirkan untuk konsumen yang mencari alternatif susu sapi atau susu berbahan nabati yang ada di pasaran.

“Sementara itu untuk produsen makanan dan minuman, minuman baru ini dapat menjadi pilihan yang hemat biaya dalam segi produksi dan inovasi dari portofolio produk,” ujar John Jose.

Innovation Starts Here dari Tetra Pak ini memperkuat posisi perusahaan sebagai partner inovasi di sektor makanan dan minuman.

Baca Berita Menarik di Google News