Bagi DIviden Rp60 Miliar
SURABAYA, 8 Juni 2024 – VNNMedia – PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel Group) emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) CLEO terus gencar berekspansi ke berbagai wilayah di Indonesia. Kali ini CLEO berencana akan membuka tiga pabrik lagi.
Pabrik baru tersebut masing-masing ada di Pontianak, Pekanbaru, dan Palu. Dengan demikian, pada akhir 2024 total pabrik milik Perseroan yang beroperasi akan menjadi 35 pabrik.
“Untuk keperluan ekspansi tersebut, Perseroan telah menganggarkan belanja modal (capex) tahun 2024 sebesar Rp450 miliar,” kata CEO CLEO, Melisa Patricia.
Sejauh ini, di tahun 2024 perseroan terus menunjukkan kinerja yang positif. Pada kuartal pertama 2024 ini, penjualan bersih Perseroan meningkat 38 persen YoY, dari Rp455,4 miliar menjadi Rp 626,5 miliar. Sementara laba bersih juga tumbuh signifikan sebesar 92 persen YoY dari Rp59,9 miliar menjadi Rp115,3 miliar.
Dalam rangka terus memperluas jangkauan kepada para pelanggan sekaligus semakin mempersolid kerja tim distribusi, CLEO telah melakukan integrasi vertikal atas supply chain bisnis distribusi yang selama ini dijalankan PT Sentralsari Primasentosa (PT SPS). Integrasi vertikal ini diharapkan akan semakin meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja dari tim distribusi.
Meski terus melakukan ekspansi, CLEO tetap membagikan dividen untuk para pemegang sahamnya dengan jumlah total lebih dari Rp60 miliar.
Jumlah dividen yang dibagikan CLEO sekitar 20 persen dari total laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk di tahun 2023. Pada tahun 2023 CLEO berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 24,85 persen menjadi Rp2,09 triliun dari penjualan bersih tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,67 triliun.
Melisa mengatakan, pembagian dividen ini merupakan bagian dari penghargaan dari Perseroan terhadap para pemegang saham yang telah berkenan menginvestasikan dananya pada saham CLEO.
”Berkat partisipasi dan kepercayaan para pemegang saham, CLEO dapat terus tumbuh berkembang secara berkesinambungan. Kami pastikan, pembagian sebagian laba bersih sebagai dividen ini tidak akan menghalangi kegiatan ekspansi yang terus gencar dilaksanakan,” ujar Melisa lagi.
Sebagai salah satu Perusahaan Tbk yang senantiasa ingin berkontribusi untuk perekonomian Indonesia, CLEO turut mendukung bisnis UMKM lokal dengan menghadirkan festival kuliner. Festival ini diadakan secara tahunan di berbagai wilayah di Indonesia.
Tahun ini festival kuliner CLEO diselenggarakan di Semarang pada 25-26 Mei 2024 dengan tema “Murni Rasa Nusantara”. Festival ini menghadirkan 100 tenant kuliner dan UMKM lokal.
Baca Berita Menarik Lainnya di Google News