
JAKARTA, 31 Maret 2025 – VNNMedia – Pertumbuhan pesat e-commerce membuka peluang besar bagi pelaku UMKM dan brand lokal untuk berkembang, termasuk di industri kecantikan. Salah satu contoh sukses datang dari Skin Game, brand kecantikan lokal yang berdiri sejak 2020 dan kini semakin dikenal berkat pemanfaatan platform digital seperti Shopee.
Membangun bisnis di tengah tantangan pandemi bukanlah hal mudah bagi Michella Ham (28), Founder Skin Game. Dengan modal awal dari tabungan pribadinya, Michella berupaya mengalokasikan dana secara bijaksana untuk kebutuhan produksi, pemasaran, dan operasional.
Di awal perjalanan, ia menangani hampir semua aspek bisnisnya sendiri hingga akhirnya Skin Game mulai berkembang dan dikenal luas.
Perlahan namun pasti, pertumbuhan bisnis Skin Game semakin terlihat. Dari yang awalnya berbasis di rumah, kini brand ini telah memiliki kantor dan gudang sendiri.
“Kami merasakan dampak besar setelah memanfaatkan Shopee sebagai platform utama penjualan. Shopee menjadi e-commerce pertama tempat Skin Game hadir dan berkembang. Bahkan, pada puncak kampanye 12.12, pesanan kami melonjak hingga lebih dari tujuh kali lipat dibandingkan hari biasa,” ujar Michella.
Skin Game hadir dengan fokus utama pada edukasi dan kebutuhan pelanggan. Salah satu produk pertamanya, Acne Warrior, terinspirasi dari pengalaman pribadi Michella saat mendampingi suaminya menghadapi masalah jerawat.
Berawal dari solusi jerawat, kini Skin Game menawarkan berbagai produk untuk berbagai jenis permasalahan kulit. Tentunya dengan tetap mengedepankan prinsip slow beauty—menghadirkan produk yang benar-benar dibutuhkan tanpa harus memiliki varian yang terlalu banyak.
“Kami memiliki program online consultation dan kanal pengaduan langsung dengan founder untuk memastikan produk kami sesuai dengan kebutuhan konsumen. Setiap produk yang kami rilis lahir dari masukan dan permintaan pelanggan,” tambah Michella.
Strategi Digital
Dalam menghadapi persaingan industri kecantikan yang ketat, Skin Game mengoptimalkan strategi pemasaran digital melalui berbagai fitur Shopee. “Kami rutin berdiskusi dengan tim Shopee untuk menyusun strategi pemasaran terbaik, terutama dalam kampanye besar seperti gajian sale dan tanggal kembar,” ungkap Michella.
Keberadaan fitur seperti Shopee Live dan Shopee Video turut membantu meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan mendorong penjualan. “Shopee Live sangat efektif dalam memperkenalkan produk baru dan memberikan edukasi langsung kepada konsumen. Responnya sangat positif, terutama saat kampanye besar berlangsung,” tambahnya.
Selain itu, melalui Shopee Pilih Lokal, Skin Game semakin dikenal luas oleh pelanggan yang mencari produk kecantikan lokal berkualitas. Program ini berhasil meningkatkan penjualan brand lokal hingga 200% pada tahun 2024.
Baca Berita Menarik Lainnya di Google News