Pertama Kalinya Ekspor K-Pop Sentuh Angka  1 Triliun Won Tahun 2023

BTS grup band terbesar Korea saat ini

Seoul, 24 Juli 2024-VNNMedia- Institut Kebudayaan dan Pariwisata Korea hari ini (24/7) merilis laporan bahwa ekspor K-Pop pada tahun 2023 telah melampaui 1 triliun won (722,28 juta dollar) untu pertama kalinya

Melansir YonhapNews, lembaga yang berada di bawah kementerian kebudayaan tersebut mengumumkan bahwa pendapatan gabungan industry hiburan tahun lalu meningkat 34,3 persen dibanding sebelumnya. Yang merupakan pertama kalinya ekspor sektor industry kreatif ini menyentuh angka 1 triliun won

Perhitungan itu menurut lembaga tersebut didasarkan pada perkiraan gabungan ekspor album dan pendapatan dari layanan streaming luar negeri dan konser Internasional

Berdasarkan per sektor, konser luar negeri menyumbang poin paling besar yaitu 47,5 persen atau senilai 58,85 juta won, disusul ekspor album 31,4 persen (38,89 juta won) dan layanan streaming luar negeri 21 persen (26,03 juta won)

Perkiraan pendapatan gabungan yang dihasilkan dari konser internasional disumbang oleh enam perusahaan hiburan besar diantaranya HYBE,YG Entertainment, JYP Entertainment dan SM Entertainment, yang mencatat angka pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 35 persen dari tahun 2018 hingga 2023. Tahun 2023 setelah dunia pulih dari pandemi covid-19, pendapatan konser luar negeri meningkat pesat hingga 65 persen dari tahun sebelumnya

Ekspor album meningkat hingga 7,6 kali lipat dibanding 2017. Setelah melampaui 100 miliar won di tahun 2019, ekspor album terus mengalami peningkatan hingga tembus 300 miliar won ditahun 2022

Sedangkan layanan streaming luar negeri juga mengalami peningkatan hingga 3,4 kali lipat didandingkan tahun 2017. Peningkatan pendapatan streaming dari wilayah diluar pasar utama K-Pop (Asia) seperti Amerika dan Eropa menunjukkan adanya diversifikasi pasar

Laporan tersebut juga memperkirakan bahwa penjualan ke luar negeri akan terus meningkat pada tahun 2024, mengingat diversifikasi tujuan ekspor, munculnya artis-artis baru dan upaya konsisten dari pelaku industri hiburan untuk berekspansi secara global

Baca Berita Menarik Lainnya Di Google News