Penjualan Eatsambel Meningkat Hingga 3 Kali Lipat e-Commerce

JAKARTA, 13 JULI 2024 – VNNMedia – Sensasi rasa pedas seperti tidak terpisahkan dari budaya kuliner Nusantara. Apalagi ada ungkapan yang tidak asing di tengah masyarakat bahwa hidangan terasa kurang lengkap tanpa kehadiran sambal.

Hal ini menjadi bukti kecintaan masyarakat Indonesia terhadap rasa pedas yang mampu melengkapi rasa dan menambah selera makan.

Kecintaan pada sambal juga menjadi peluang bisnis yang diamati oleh Yansen Gunawan saat menciptakan Eatsambel. Awalnya Yansen mencoba untuk memberikan sambal buatannya secara gratis kepada para kerabat.

Kini, Eatsambel bisa dikenal secara luas sebagai brand sambal lokal dalam kemasan dengan kualitas dan rasa yang enak. Kesuksesan brand lokal ini juga turut didukung dengan bergabung bersama e-commerce Shopee untuk meningkatkan jangkauan penjualan.

“Kami ingin produk Eatsambel bisa dicoba dan menjadi teman makan seluruh orang Indonesia,” ujar Founder Eatsambel Yansen Gunawan.

Berbagai inisiatif dan inovasi yang ada di e-commerce membantu Eatsambel dalam merealisasikan mimpinya. “Tidak terkecuali dua fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video yang menjadi solusi bagi kami dalam melewati masa sulit saat pandemi,” kata Yansen.

Awalnya, Shopee Live menjadi strategi pemasaran yang digunakan untuk menjawab perubahan perilaku belanja masyarakat. Namun ternyata banyak sekali manfaat dan dampak positif yang dirasakan.

Mulai dari memperluas jangkauan pasar, menciptakan interaksi dengan konsumen, bahkan juga peningkatan transaksi yang signifikan. “Melalui kolaborasi bersama Shopee Live, pada kampanye angka kembar Shopee, total transaksi Eatsambel berhasil meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan biasanya,” jelasnya.

Eatsambel yakin bahwa sebuah brand tidak boleh hanya berfokus untuk berjualan saja. Tetapi juga harus melayani dan menghibur para calon konsumen.

Memiliki produk yang bermain dengan sensasi rasa, fitur Shopee Live dan Shopee Video menjadi strategi penting Eatsambel dalam membantu konsumen melakukan keputusan pembelian. Melalui Shopee Live, Eatsambel dapat mendeskripsikan cita rasa dari masing-masing varian produk, menunjukkan bahan baku alami yang terkandung dalam produk, serta memberikan rekomendasi dan menjawab secara langsung pertanyaan yang muncul di kolom komen.

Mengusung konsep komedi, Eatsambel juga memanfaatkan Shopee Video untuk memberikan tips dan kreasi makanan yang cocok dengan produk Eatsambel sambil berkolaborasi dengan figur selebriti ternama.

Yansen menuturkan, tiga nilai penting dari konten video Eatsambel adalah ringan, lucu dan tradisional. Karena itu, Ia mengangkat cerita berdasarkan kehidupan sehari-hari yang dikemas dengan konsep komedi ringan.

Didirikan pada tahun 2018, Eatsambel berawal dari keinginan Yansen untuk bisa mengobati kerinduan masyarakat Indonesia yang tinggal di luar negeri akan sambal. Ia juga menyadari bahwa banyak orang menyukai sambal, tetapi tidak semua orang bisa dan mau repot untuk membuat sambal yang lezat.

Oleh karena itu, bermodal resep sambal turun temurun dari keluarganya, Eatsambel hadir dengan cita rasa rumahan yang sesuai dengan selera orang Indonesia.

Seluruh produk Eatsambel dibuat menggunakan komposisi bahan alami untuk selalu menjaga kualitas kesegaran serta menjamin kenikmatan dan rasa terbaik saat sampai di tangan konsumen. Maka dari itu, Yansen bekerja sama dengan para petani cabai yang tersebar di berbagai daerah untuk menunjukkan kualitas bahan baku lokal yang Indonesia miliki.

Berbagai macam bahan baku lokal ini dikreasikan Yansen menjadi empat varian cita rasa sambal khas Indonesia yang dikemas dengan nama yang unik, mulai dari Cumi Ciamik, Cakalang Rindu, Ayam Suwir Icikiwir, dan Teri-Ngat Kamu.

“Kami sangat bersyukur bahwa kehadiran Eatsambel tidak hanya dapat menemani konsumen saat menyantap makanan, tetapi juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan penjualan cabai dari petani daerah dan berhasil membuka lapangan pekerjaan untuk banyak ibu rumah tangga yang menjadi tulang punggung dari keluarga mereka,” ujar Yansen atau yang akrab dipanggil Mas Yangun oleh para konsumen Eatsambel.


Baca Berita Menarik Lainnya di Google News