Manfaatkan AI dan AR, Trafik Situs Wardah Meningkat 134,41 Persen

Jakarta, 4 Juni 2024 – VNNMedia –  Implementasi kecerdasan buatan (Artificial Inteligent/AI) di industri kecantikan terus mengalami peningkatan. Menurut laporan dari InsightAce Analytics, pemanfaatan AI di industri kecantikan global diprediksi akan mencapai nilai USD 13,34 miliar pada 2030. Sementara tingkat pertumbuhan tahunannya mencapai 19,7 persen dari 2021 ke 2030.

Para pelaku industri kecantikan di Indonesia tak ketinggalan mulai melakukannya. Salah satu yang menjadi pelopor adalah Wardah, yang telah bermitra dengan Perfect Corp.

Kemitraan ini mengintegrasikan layanan berbasis teknologi AI dan AR (augmented reality) di website brand kecantikan ini selama beberapa tahun terakhir.

Brand Wardah telah hadir di Indonesia selama hampir 30 tahun dengan beragam produk kecantikan. Mulai dari produk skincare, makeup, sampai ke produk perawatan pribadi, dengan jumlah total SKU lebih dari 300.

Kemitraan Wardah dengan Perfect Corp bermula pada saat pandemi COVID-19. Lewat kemitraan ini, Wardah ingin meningkatkan pengalaman belanja daring dari para konsumennya. Ini merupakan cara untuk mengakselerasi pertumbuhan sekaligus untuk menjawab tuntutan konsumen pada masa itu.

”Karena adanya pembatasan aktivitas sosial dan penerapan protokol kesehatan, konsumen tak lagi leluasa berkunjung dan berbelanja di toko, sehingga ingin dapat mengeksplorasi produk secara daring,” kata Senior Head of Digital Transformation Wardah, Tessi Fathia.

Layanan Perfect Corp yang dipilih Wardah adalah fitur Virtual Try-On. Fitur ini menjadi solusi percobaan produk makeup secara virtual yang aman dan nyaman bagi konsumen di situs resmi Wardah.

Fitur yang mengintegrasikan teknologi AI dan AR ini langsung mendapat sambutan meriah dari konsumen yang sangat tertarik dan terhibur saat mencoba produk makeup secara virtual.

Wardah mencatat telah berlangsung lebih dari 250 ribu sesi virtual try-on hingga saat ini, dan terjadi peningkatan lalu lintas situs sebesar 134,41 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Wardah melihat bahwa fitur Virtual Try-On membawa banyak manfaat bagi brand. Pengalaman berbelanja yang berbeda dan sangat personal ini membuat konsumen membeli lebih banyak produk dibandingkan niat awalnya.

Selain itu, hubungan antara Wardah dan konsumennya juga menjadi lebih dekat, sehingga konsumen yang loyal terus bertambah.

Melihat hal ini, Wardah menambahkan fitur Foundation Shade Finder yang membantu konsumen menemukan warna produk foundation yang sesuai dengan warna kulit mereka. Fitur ini juga langsung menjadi hit.

Sejak mengimplementasikan fitur Virtual Try-On dan Foundation Shade Finder, engagement rate dari situs Wardah mengalami peningkatan sebesar 28 persen dibandingkan sebelum implementasi kedua fitur tersebut.

“Wardah selalu berupaya untuk memberi pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi para konsumennya. Dengan kemitraan bersama Perfect Corp, kami telah berhasil melakukannya dengan menghadirkan teknologi dan pengalaman yang canggih langsung kepada konsumen kami,” ujar Tessi Fathia.

Walau pandemi telah usai, tapi Wardah terus mengimplementasikan inovasi teknologi ke depannya. Bagi Wardah, solusi yang diberikan Perfect Corp tak sekedar meningkatkan pengalaman berbelanja daring bagi konsumen. Lebih dari itu, juga membantu memangkas biaya pembuatan sampel produk serta membuat bisnis mereka menjadi semakin ramah lingkungan.

Selain itu, implementasi inovasi teknologi yang terdepan ini juga telah membuat Wardah memiliki citra sebagai brand yang modern.

Melihat banyaknya manfaat yang didapatkan dengan mengimplementasikan teknologi hasil integrasi AI dan AR, sudah saatnya para pelaku industri kecantikan di Indonesia melakukan langkah serupa. Dengan demikian, mereka juga dapat menjawab tantangan untuk memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus mengakselerasi inovasi yang mendukung pertumbuhan bisnis.

Baca Berita Menarik Lainnya di Google News