Kisah Manis Kesuksesan Bisnis Lokal Legendaris Ina Cookies

JAKARTA, 16 APRIL 2025 – VNNMedia – Di balik setiap cerita perempuan yang berdaya, dampak positif tidak hanya dirasakan oleh satu individu. Tetapi juga komunitas di sekitar mereka secara keseluruhan.

Ini pula kisah Ina Wiyandini, Pemilik Ina Cookies. Ia berhasil bertahan di tengah persaingan industri makanan lokal dan berhasil menciptakan dampak lebih luas bagi komunitas sekitarnya.

Dengan inovasi dan semangat kewirausahaan, Ina menjadi salah satu sosok inspiratif yang membuktikan bahwa perempuan memiliki peran besar dalam membuka lapangan pekerjaan, menginspirasi generasi selanjutnya dan menggerakkan ekonomi daerah sekitarnya. Khususnya melalui Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Dedikasi Ina Wiyandini dalam membangun bisnis UMKM kue kering asal Bandung, menggambarkan bagaimana perempuan dapat tumbuh dan membawa perubahan. Tidak ada usaha yang instan, perjalanan lebih dari 33 tahun Ina Cookies untuk bertahan menjadi kisah manis tentang bagaimana perempuan dapat bangkit dan berinovasi.

Ina juga kerap beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan melebarkan jangkauan penjualan online bersama e-commerce Shopee. 

Ina Wiyandini mengatakan, sebelumnya Ia sempat mengalami kisah pahit saat jahe gajah kala.

“Pada tahun 1992, bisnis kue kering masih jarang, padahal permintaan menjelang hari raya sangat tinggi. Saya mencoba berani meminjam modal dari kakak ipar, belajar membuat lima jenis kue kering, dan memulai segalanya dari nol. Dari nastar hingga putri salju, saya merintis bisnis kecil-kecilan, menjual secara door-to-door, baik ke saudara maupun tetangga, dan memproduksi kue dari dapur rumah dengan peralatan seadanya,” tutur Ina.

Dari situlah, Ia mulai perlahan-lahan belajar mengenai strategi pemasaran yang efektif dan cara mempertahankan bisnis di berbagai gempuran zaman. “Terutama masuk ke era digitalisasi pemasaran online, dan Shopee menjadi platform utama pilihan kami,” ungkap Ina.

Setiap tahunnya, permintaan kue kering meningkat pesat, menjadi kesempatan emas bagi UMKM dan brand lokal untuk berkembang lebih jauh. Bulan Ramadan selalu menjadi momen penting bagi Ina Cookies dan di sinilah teknologi berperan penting dalam perjalanan kesuksesan bisnisnya.

Melalui platform e-commerce seperti Shopee, Ina mampu mengubah keterbatasan menjadi peluang. Shopee memberikan akses ke pasar yang lebih luas, memungkinkan Ina Cookies untuk menjual produknya tidak hanya di daerah tertentu, melainkan ke seluruh Indonesia. 

Sejak bergabung menjadi mitra strategis Shopee pada 2018, bisnis Ina Cookies pun mengalami lonjakan peningkatan yang cukup signifikan. Di Ramadan tahun 2024, Ina Cookies berhasil mencatatkan peningkatan penjualan lebih dari 2x lipat dibanding Ramadan tahun sebelumnya.

Selama tiga dekade berbisnis, perjalanan Ina Cookies menjadi bukti nyata ketekunan dan inovasi berkelanjutan adalah aspek utama. Dari awalnya hanya memproduksi lima jenis kue, kini Ina Cookies telah mengembangkan lebih dari 250 varian kue kering, termasuk inovasi terbaru seperti Cookies Vegan, teh dari edible flower.

Menjadi salah satu brand kue kering dengan varian terbanyak di Indonesia sejak 33 tahun berdiri. Dari produksi hingga pemasaran, Ina Cookies tetap memberdayakan tenaga kerja manusia dengan lebih total 500 karyawan tanpa menggantinya dengan mesin.

Bahkan karyawan yang sudah lebih bekerja 15 tahun ke atas, mendapatkan hadiah tanah maupun rumah sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi mereka sudah tumbuh bersama Ina Cookies.

Baca Berita Menarik Lainnya di Google News