Keterlambatan Kereta Akibat Banjir, KAI Sediakan Service Recovery untuk Pelanggan

SURABAYA, 22 JANUARI 2025 – VNNMedia – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan kedatangan kereta api akibat gangguan berupa banjir di wilayah Daop 4 Semarang. Hingga Rabu (22/1) pukul 08.00 WIB, beberapa kereta masih mengalami keterlambatan akibat perubahan pola operasi.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengungkapkan bahwa terdapat delapan perjalanan kereta api yang terdampak, dengan rincian:
KA Kertajaya (220): Pasarsenen–Surabaya Pasarturi terlambat 98 menit.
KA Jayabaya (108): Pasarsenen–Malang terlambat 92 menit.
KA Sembrani (64): Gambir–Pasarsenen terlambat 82 menit.
KA Argo Bromo Anggrek (4): Gambir–Surabaya Pasarturi terlambat 65 menit.
KA Pandalungan (78): Gambir–Surabaya–Jember terlambat 107 menit.
KA Harina (126): Bandung–Surabaya Pasarturi terlambat 102 menit.
KA Gumarang (130): Pasarsenen–Surabaya Pasarturi terlambat 102 menit.
KA Majapahit (216): Pasarsenen–Malang terlambat 90 menit.

Selain itu, terdapat dua kereta yang mengalami perubahan pola operasi:
KA Ambarawa Ekspres (231): Surabaya Pasarturi–Semarang Poncol.
KA Sembrani (61): Surabaya Pasarturi–Gambir.

Sebagai bentuk tanggung jawab, KAI memberikan kompensasi berupa service recovery kepada pelanggan yang terdampak sesuai Permenhub Nomor PM 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api.

“KAI Daop 8 Surabaya meminta maaf atas ketidaknyamanan ini. Kami telah menyiapkan kompensasi service recovery untuk para pelanggan yang terkena dampak keterlambatan,” ujar Luqman Arif.

Ia juga menyampaikan bahwa hingga Rabu (22/1) pukul 10.00 WIB, sebanyak 497 pelanggan telah membatalkan tiket perjalanan mereka dengan pengembalian bea tiket 100%. Proses pembatalan tiket dapat dilakukan di stasiun terdekat dengan pengembalian penuh di luar bea pesan, dan pembatalan dapat diajukan hingga H+7 dari jadwal keberangkatan.


Bagi pelanggan yang ingin membatalkan tiket, berikut ketentuannya:
Pengembalian bea tiket dilakukan 100% (tidak termasuk biaya pemesanan).
Proses pembatalan dapat dilakukan di stasiun terdekat.
Pembatalan tiket dapat diajukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan.

Baca Berita Menarik Lainnya di Google News