JAKARTA, 25 JULI 2024 – VNNMedia – GoTo Financial, unit bisnis financial technology GoTo, meluncurkan inovasi aplikasi GoPay Merchant. Aplikasi ini untuk memberikan layanan keuangan yang aman dan mudah bagi pelaku usaha, khususnya pelaku UMKM.
Berdasarkan data Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), per Maret 2024, jumlah merchant yang sudah menggunakan QRIS sebanyak 31,6 juta. Pertumbuhannya meningkat 24,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Meskipun demikian, adopsi pembayaran digital di kalangan UMKM masih menghadapi sejumlah tantangan. Di antaranya, proses pendaftaran yang sulit, pencairan uang yang memerlukan waktu, hingga kekhawatiran uang yang diterima tidak sesuai nominal penjualan.
Group Head of Merchant Services GoTo Financial Haryanto Tanjo mengungkapkan, peluncuran aplikasi GoPay Merchant hadir dengan misi membantu UMKM mengelola keuangan usaha secara digital.
“Lewat aplikasi ini, kami menjawab tantangan pelaku UMKM sehingga mereka bisa dengan mudah dan cepat mendaftar QRIS untuk menerima pembayaran digital, bisa mencairkan uang mereka kapan saja, dan mencegah transaksi palsu,” ujar Haryanto.
Haryanto menjelaskan aplikasi GoPay Merchant ini memiliki beragam keunggulan.
Pertama, proses pendaftaran QRIS yang simpel dan cepat lewat aplikasi GoPay Merchant. QRIS bisa langsung jadi dalam 30 detik setelah pendaftaran lengkap dan langsung dipakai untuk menerima pembayaran di toko atau warung. Proses pendaftaran QRIS ini merupakan yang tercepat di Indonesia.
Kedua, pemilik usaha bebas mencairkan uang hasil penjualan kapan saja setiap harinya, termasuk pengaturan secara otomatis saat jam operasional toko tutup.
Fitur pengaturan pencairan fleksibel ini merupakan yang pertama di Indonesia. Memberikan solusi tepat bagi UMKM dengan perputaran uang yang cepat untuk menjaga kelangsungan usaha.
Selain bisa mencairkan uang kapan saja, merchant juga dapat menjadwalkan pencairan hasil jualan pada akhir jam operasional toko setiap harinya.
Pengalaman ini dirasakan oleh Adam Jodi Firmansyah, pemilik Toko Buah Adam Jaya di Pasar Rebo Jakarta. “Ibu saya harus pegang uang tunai setiap harinya untuk bisa langsung belanja ke supplier. Fitur pencairan yang fleksibel di aplikasi GoPay Merchant sangat membantu kami mencairkan hasil penjualan kapan saja. Bisa di hari yang sama, bahkan bisa diatur sesuai waktu tutup lapak kami,” tuturnya.
Pendapatan yang diterima hari ini bisa digunakan lagi untuk modal pembelian stok untuk jualan esok harinya. “adi saya tidak perlu nalangin dulu agar Ibu bisa belanja stok buah seperti sebelumnya,” ujar Adam.
Ketiga, merchant bisa berlangganan perangkat GoPay Spiker secara eksklusif melalui aplikasi ini. GoPay Spiker mengeluarkan notifikasi berupa suara untuk tiap nominal transaksi QRIS yang dilakukan pelanggan.
Inovasi ini merupakan yang pertama di Indonesia dan menawarkan tiga manfaat.
Pertama, menghindari potensi terjadinya transaksi palsu. Kedua, menghilangkan kekhawatiran adanya transaksi yang tidak sesuai nominal atau transaksi tidak langsung masuk ke rekening. Ketiga, fitur ini juga membantu merchant untuk dapat melayani pembeli dengan lebih cepat karena tidak perlu bolak-balik memeriksa aplikasi untuk verifikasi transaksi.
Manfaat GoPay Spiker dirasakan oleh Yennita Vera (Nita), pemilik Warung Prasmanan Dapur Cigeulis Jakarta di Blok M Square, Jakarta.
“GoPay Spiker membantu saya terhindar dari transaksi palsu sekaligus membantu saya melayani pembeli dengan lebih cepat, terutama saat di jam-jam ramai. Saya cukup mendengarkan suara dari GoPay Spiker untuk memastikan pembayaran telah masuk sesuai nominal, sembari menyiapkan pesanan pelanggan,” ujar Nita.
Baca Berita Menarik Lainnya di Google News