Fitur Live di e-Commerce Buka Peluang Baru Pelaku Usaha Lokal dan Content Creator

Jakarta, 6 Juni 2024 – VNNMedia – Dinamisnya perubahan preferensi berbelanja online membuat e-commerce seperti Shopee untuk terus berinovasi melalui rangkaian fitur interaktif. Lewat fitur Shopee Live, Shopee mentransformasi cara pengguna berbelanja di era digital lewat tren live shopping.

Fitur interaktif ini berhasil menghubungkan pembeli dan penjual lebih dekat. Menawarkan solusi melalui interaksi dan komunikasi real-time melalui konten live streaming.

Tidak hanya memberikan kemudahan bagi para pengguna, Shopee Live turut membawa dampak positif yang signifikan terhadap pertumbuhan UMKM dan Brand lokal.

Peluang ini dimanfaatkan dengan baik oleh Alice Norin, public figure & founder of Fashion Today. Alice berhasil membangun brand fashion lokalnya mencapai potensi maksimal. Ia juga meraup peningkatan transaksi hingga lebih dari 30 kali lipat di berbagai puncak kampanye belanja bersama Shopee Live dibandingkan hari biasa.

Begitu juga Nella Sajida Talfa, pegawai kantoran yang sukses menjadi content creator di Shopee Live dengan akun @nellastyle berkat kegemarannya berbagi inspirasi produk fashion muslim.

Alice Norin membangun Fashion Today sejak tahun 2011. Ini berawal dari mimpinya membawa sentuhan baru yang autentik bagi perempuan Indonesia.

Awalnya, produk Fashion Today hanya dijual kepada teman-teman artis sejawatnya. Proses produksinya pun sederhana. Dimulai dari rumah dengan pengemasan di garasi yang hanya melibatkan tiga orang pegawai, Fashion Today pun mulai memasarkan berbagai produk pakaian perempuan seperti kemeja, kaos, celana, dan beragam aksesoris.

Dalam memilih bahan baku yang berkualitas, Alice sering terjun langsung ke lapangan, seperti ke Tanah Abang dan pasar UMKM lainnya, untuk melakukan riset dan membeli bahan baku dari para pelaku usaha lokal. Kini, ia telah memiliki divisi konveksi sendiri yang berlokasi di Bandung dan Solo dan produk kemeja perempuan menjadi produk yang paling dicari oleh konsumen.

Fashion Today mulai bergabung dengan Shopee sejak tahun 2020 dan aktif memanfaatkan Shopee Live mulai Oktober 2023. Keputusan untuk bergabung dengan Shopee merupakan langkah strategis bagi Alice untuk memperluas jangkauan pasarnya.

Sebelumnya, Alice pernah mencoba memanfaatkan fitur live streaming di platform lain. Lewat Shopee Live, Alice berhasil mendongkrak citra dan penjualan brand Fashion Today dengan keunggulan interaksi real-time yang menghubungkannya lebih dekat dengan konsumen.

“Aku merasakan manfaat dan dampak yang luar biasa setelah bergabung dengan Shopee,” kata Alice. Semenjak memutuskan aktif memanfaatkan fitur interaktif Shopee Live, brand Fashion Today pun mengalami peningkatan transaksi yang signifikan hingga lebih dari 30 lipat di berbagai puncak kampanye yang dihadirkan Shopee dibandingkan hari biasa.

”Akupun merasakan kedekatan dan interaksi yang lebih dekat dengan konsumenku saat live streaming dan tentunya lebih menciptakan kepercayaan dan daya tarik terhadap produk kami,” ujarnya.

Alice kini berhasil membuka lebih banyak lapangan pekerjaan dengan berkembangnya tim brand Fashion Today yang terdiri hingga 250 pegawai. Keputusan Alice untuk memiliki studio live di rumah sangat memudahkannya dalam menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

“Setelah aku memfokuskan diri untuk mendalami industri live streaming di Shopee Live, aku memiliki lebih banyak fleksibilitas waktu dari sebelumnya,” kata Alice. Dengan tim yang lebih besar tentu sangat membantu untuk berkoordinasi dan mewujudkan berbagai rencana strategis untuk perkembangan bisnisku.

Menggeluti dunia live streaming di Shopee Live dan bergabung dengan Shopee Affiliate Program sejak November 2023 silam, Nella merintis karirnya sebagai creator dari “nol”. Sebagai perempuan muslimah yang mencintai dunia fashion, ia gemar merekomendasikan beragam jenis produk pakaian gamis berkualitas premium.

Sesi live streaming pertamanya di Shopee Live hanya ditonton lebih dari 15 orang. Namun ini tak mematahkan semangat Nella untuk berkarya dan berinovasi menciptakan konten live streaming berkualitas. Hingga akhirnya penonton Nella pun melonjak dari ratusan hingga ribuan, dan kian konsisten hingga akhirnya berhasil dinobatkan sebagai  Creator Rising Star Top 20 di Shopee Live.

“Rutinitas saya setiap hari dimulai sejak pukul empat subuh untuk mulai mempersiapkan diri melakukan live streaming di Shopee Live hingga pukul 07.30 pagi. Setelah itu, saya berangkat bekerja ke kantor, melakukan kewajiban rutinitas pekerjaan hingga pukul lima sore. Istirahat sejenak, lalu kembali bersiap kembali melakukan live streaming di malam hari,” jelas Nella.

Konsistensi ini membantunya mencapai potensi maksimal sebagai creator bahkan mendapatkan pendapatan tambahan yang signifikan.

Untuk menarik perhatian dan membangun loyalitas penonton di Shopee Live, Alice berprinsip untuk  tak hanya memposisikan diri sebagai penjual, tetapi juga menjadi teman atau bahkan “bestie” bagi penonton. Sebagai bestie, Ia senang menjadi bagian dari solusi bagi kebutuhan dan keinginan mereka, serta gemar memberikan inspirasi mix and match pakaian untuk para penontonnya.

Sebelum memulai live, ia selalu mengingatkan para pengguna tentang jadwal live brand Fashion Today. Selama sesi live, ia rutin mengadakan sesi tanya jawab untuk memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan secara langsung, serta memberikan mereka kesempatan untuk melihat detail produk secara langsung.

Di sisi lain, Nella juga berharap dapat terus berkarya demi berkontribusi dalam memajukan UMKM dan brand lokal dengan menampilkan lebih banyak produk lokal berkualitas.

Baca Berita Menarik Lainnya di Google News