Fenomena K-Content di Netflix: Jadi yang Populer Kedua di Dunia, Lampaui Eropa dan Lainnya

salah satu cuplikan drakor populer Netflix “When live gives You Tangerine”

London, 16 April 2025-VNNMedia- Gelombang popularitas konten Korea Selatan terus meroket di kancah global. Laporan terbaru dari perusahaan riset Ampere Analysis yang berbasis di London mengungkapkan bahwa konten Korea kini menempati posisi kedua sebagai yang paling banyak ditonton di platform streaming raksasa Netflix secara global

Menurut laporan yang dirilis pada Selasa (waktu setempat), konten berbahasa Korea mencapai 8-9 persen dari total jam tontonan di Netflix. Angka ini hanya berada di bawah dominasi produksi Amerika Serikat yang mencatat angka 56-59 persen

Lebih lanjut, dari 500 judul non-Inggris terpopuler di Netflix, sebanyak 85 judul atau 17 persen di antaranya adalah konten berbahasa Korea. Judul-judul populer seperti “Squid Game” Musim 2, “Love Next Door,” dan “Culinary Class Wars” menduduki peringkat teratas sebagai konten Korea yang paling banyak ditonton

Tak hanya itu, tayangan-tayangan lama yang telah meraih popularitas global seperti “Queen of Tears,” “Squid Game” Musim 1, dan “Crash Landing on You” juga terus menarik perhatian media di seluruh dunia

Ampere Analysis mencetak kesuksesan luar biasa ini dengan investasi besar yang dilakukan Netflix dalam produksi konten asli Korea serta strategi lisensi perjanjian. Lebih dari sebagian judul Korea yang masuk dalam 100 teratas Netflix merupakan konten asli produksi Netflix. Sementara itu, sebagian besar sebagian besar didominasi oleh konten berlisensi eksklusif, terutama dari rumah produksi ternama CJ ENM.

Perusahaan riset tersebut memperkirakan bahwa tren positif ini akan terus berlanjut seiring dengan rencana investasi Netflix sebesar 2,5 miliar dolar AS dalam produksi konten Korea pada tahun 2028. Data terkini pun semakin memperkuat prediksi ini.

Selama minggu yang berakhir pada hari Minggu, serial-serial Korea mendominasi daftar 10 acara non-Inggris teratas Netflix dengan menempati 6 posisi sekaligus. Judul-judul yang berhasil mencuri perhatian global antara lain “Karma” di posisi ke-2, “When Life Gives You Tangerines” di posisi ke-3, “Kian’s Bizarre B&B” di posisi ke-6, “Weak Hero: Class 1” di posisi ke-7, “Friendly Rivalry” di posisi ke-9, dan “Resident Playbook” di posisi ke-10

Dominasi konten Korea di Netflix secara global ini menjadi bukti nyata akan kualitas produksi dan daya tarik cerita yang universal, serta semakin mengukuhkan posisi Korea Selatan sebagai salah satu kekuatan utama dalam industri hiburan dunia

sumber: Yonhap News

Baca Berita Menarik Lainnya di Google News