Era Digital, Brand Legendaris Maspion Turut Bertransformasi

JAKARTA, 18 FEBRUARI 2025 – VNNMedia – Di tahun 2025, konsumen sudah semakin lebih selektif dalam memilih produk peralatan rumah tangga. Tidak hanya canggih secara teknologi, konsumen kini juga lebih memilih produk yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Tren perilaku konsumen ini tentunya menjadi peluang besar bagi pelaku bisnis peralatan rumah tangga untuk berinovasi.

Brand lokal di industri peralatan rumah tangga pun berlomba-lomba menunjukkan eksistensinya dengan menghadirkan produk berkualitas tinggi. Salah satunya adalah Maspion, brand lokal yang sudah lebih dari setengah abad menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan peralatan rumah tangga.

Direktur Maspion Electronic Prasetyo Alim berbagi cerita tentang perjalanan Maspion di awal 1960-an yang didirikan oleh Alim Husin bersama saudaranya, Gunardi. Dimulai dengan memproduksi lampu teplok dari aluminium dan logam, Maspion terus berinovasi dan kini memproduksi berbagai peralatan rumah tangga berteknologi tinggi seperti penggorengan elektrik, penyedot debu, oven, dan masih banyak lagi.

Pria yang akrab disapa Prasetyo ini menceritakan, awalnya Maspion hanya memiliki delapan karyawan. Namun Maspion kini berhasil menjadi brand peralatan rumah tangga terkemuka yang berkontribusi besar terhadap perekonomian lokal. Menyediakan lapangan pekerjaan untuk lebih dari 20.000 orang.

“Maspion terus berkembang menciptakan produk elektronik berkualitas yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan mencerminkan filosofi perusahaan “Cintailah Produk-Produk Indonesia”. Nama Maspion sendiri lahir dari semangat untuk membangun kepercayaan pada kualitas industri dalam negeri, yang kini melekat dalam tagline ikonik kami,” jelasnya.

Transformasi digital pun turut berperan penting dalam perjalanan Maspion. Kehadiran e-commerce seperti Shopee memberikan kontribusi besar dalam memperluas jangkauan pasar, khususnya ke pasar generasi muda.

“Melalui berbagai program, fitur interaktif, dan kampanye belanja yang kami ikuti, berhasil mencatatkan rata-rata peningkatan pesanan hingga 5 kali lipat pada setiap puncak kampanye belanja Shopee dibandingkan dengan hari biasa,” jelas Prasetyo.

Maspion bergabung dengan Shopee sejak enam tahun lalu. Sejak bergabung, Maspion terus berkembang mengoptimalkan berbagai peluang yang ditawarkan oleh ekosistem Shopee, hingga akhirnya bergabung menjadi Shopee Mall guna menyuguhkan pengalaman belanja yang lebih premium dan bergaransi bagi seluruh masyarakat.

Menurutnya, Shopee telah menjadi saluran distribusi yang sangat penting, bisa menjangkau pasar di seluruh Indonesia. “Tidak hanya berfokus di Pulau Jawa dan beberapa kota besar lainnya, kini Maspion mampu menjangkau para pengguna kami di berbagai penjuru tanah air,” pungkas Prasetyo.

Baca Berita Menarik Lainnya di Google News