E-Commerce Buka Peluang Pelaku Usaha Kembangkan Bisnis

Jakarta, 25 Juni 2024 – VNNMedia – Belanja online kini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Tingginya minat masyarakat ini turut membuka peluang bagi pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis mereka.

Kehadiran platform e-commerce berkontribusi signifikan pada aspek ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat. Sekaligus juga menjadi solusi bagi kebutuhan pembeli dan penjual.

“Berbagai inovasi kami dedikasikan untuk menyesuaikan dengan cara dan perilaku masyarakat berbelanja yang telah bertransformasi. Mulai dari fitur Shopee Mall hingga rangkaian fitur interaktif, Shopee Live dan Shopee Video,” tutur Director of Business (Fashion & FMCG) Shopee Indonesia Putri Lukman.

Sementara itu, Founder and CEO Careso Joseph Sebastian menuturkan, penjualan pertama produk Careso kepada konsumen adalah melalui Shopee.

“Bahkan di hari pertama kami upload produk kami di Shopee, langsung ada yang membeli. Padahal belum ada marketing yang kami lakukan dan masih toko biasa, bahkan belum menjadi Star Seller,” ujar Joseph.

Melihat hal ini, Ia mulai memfokuskan penjualan Careso dan mengikuti berbagai kampanye di Shopee. Hingga akhirnya Careso bisa menjadi penjual Shopee Mall di tahun yang bersamaan.

Bersama jaminan 100 persen Ori yang dimiliki Shopee Mall, eksposur Careso juga semakin meningkat karena masyarakat yakin terhadap produk dari toko resminya. Ini mengantarkan Careso hingga mendapatkan peningkatan penjualan 10 kali lipat saat kampanye angka kembar Shopee dibandingkan hari biasa.

Brand fragrance lokal yang dimulai dari bisnis rumahan di tahun 2019 ini mengalami tantangan besar saat akan meluncurkan produknya. Bagaimana tidak, saat siap meluncurkan produk lewat offline retail ternama dengan toko yang tersebar di seluruh Indonesia, kemudian pandemi terjadi.

Kondisi ini memaksa Joseph harus mengubah strategi pemasaran dan penjualan Careso dengan bergabung bersama Shopee di awal tahun 2020.

Dimulai dari meluncurkan enam produk body fragrance, hingga kini Careso sudah memiliki lini body lotion, EDP perfume, body wash, dan lini produk baru Careso Baby yang aman untuk kulit bayi.

Tiap produk Careso memiliki desain, warna, dan portrayal masing-masing yang dibuat untuk memicu imaginasi dan memori konsumen. Dengan cara yang khas ini, Careso dapat mendeskripsikan wangi dari 16 jenis wewangian yang dimiliki.

Melalui Shopee Live, Careso memberikan rekomendasi secara langsung dari preferensi yang konsumen sampaikan di kolom komen melalui Shopee Live.

Lewat Shopee Video, Careso juga sering memberikan tips dan info bagi konsumen sehingga lebih mudah memilih produk yang sesuai. Selain itu juga tips memilih antara body mist dan EDP Careso sesuai dengan kebutuhan.

“Kami melihat peningkatan drastis terhadap penjualan Careso setelah menggunakan kedua fitur interaktif Shopee,” ujarnya.

Perlu diketahui, 40 persen pendapatan total Careso di semester I tahun 2024 berasal dari penjualan di Shopee Live.

“Saya yakin jika Shopee dimanfaatkan dengan baik, dapat menjadi batu loncatan bagi kesuksesan lebih banyak brand lokal dan UMKM di luar sana,” tambah Joseph.

Sementara itu, brand kecantikan lokal Luxcrime mentransformasi bisnisnya dengan menjangkau lebih banyak konsumen.

Dalam empat tahun terakhir, mereka mengalami pertumbuhan signifikan dengan lonjakan transaksi yang terus meningkat. Shopee berkontribusi menjadi sumber pendapatan terbesar Luxcrime di antara platform lainnya.

Terlebih, di berbagai momen kampanye belanja Shopee mampu meningkatkan transaksi hingga 12 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Selama sembilan tahun berdiri, Luxcrime terus fokus menciptakan banyak terobosan melalui berbagai lini produk kecantikan berkualitas. Perjuangan tersebut mengantarkan produk unggulan Blur & Cover Two Way Cake menjadi pilihan utama untuk melindungi dan menghiasi wajah banyak perempuan Indonesia.

Tidak cepat berpuas diri, Luxcrime senantiasa membaca tren live shopping yang semakin digemari masyarakat dengan mulai memanfaatkan fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video sejak tahun 2022.

Melalui Shopee Video, mereka rutin berbagi inspirasi melalui konten-konten bertemakan beauty tips untuk berbagai kebutuhan agar tampil menawan.

Selain itu juga beauty hacks untuk beragam jenis karakteristik kulit masyarakat Indonesia.

“Semenjak aktif memanfaatkan fitur Shopee Live, sekitar 30 persen penjualan Luxcrime di Shopee berasal dari pengguna yang menikmati konten-konten interaktif di Shopee Live,” kata General Manager Luxcrime Melisa Andriani.

Kini Luxcrime berhasil membuka lebih banyak lapangan pekerjaan, memperkenalkan lebih banyak bahan baku alami khas dari berbagai daerah di Indonesia, serta meningkatkan eksposur produk-produk kecantikan lokal.

“Kedepannya, kami akan terus giat menciptakan inovasi produk baru agar terus menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya lagi.

Baca Berita Menarik Lainnya di Google News